12 November, 2010

REUMATOID ATHRITIS


Pengertian
Artritis reumatoid adalah suatu penyakit inflamasi sistemik kronik yang menyerang berbagai sistem organ. Penyakit ini adalah salah satu dari sekelompok penyakit jaringan ikat difus yang diperantarai oleh imunitas.

Etiologi
Walaupun faktor penyebab dan patogenesisnya belum diketahui secara pasti, faktor genetik seperti produk kompleks histokompibilitas utama kelas II (HLA-DR), hormon sex dan faktor infeksi juga diduga menjadi salah satu faktor penyebab RA.

Patogenesis
Patogenesis penyakit ini terjadi akibat rantai peristiwa imunologi yang menyebabkan proses destruksi sendi. Dan berhubungan dengan faktor genetik, hormonal, infeksi, dan heat shock protein. Penyakit ini lebih banyak mengenai wanita daripada pria, terutama pada usia subur

Manifestasi klinis
Manifestasi klinis ini tidak harus timbul sekaligus pada saat yang bersamaan oleh karena penyakit ini memiliki gambaran klinis yang sangat bervariasi.
Kriteria RA menurut american Assocication Rheumatism.
-          Kaku pagi hari (morning sickness)
-          Artritis pada 3 daerah persendian atau lebih
-          Artritis pada persendian tangan
-          Artritis simetris
-          Nodul reumatoid
-          Faktor reumatoid serum positif
-          Perrubahan gambaran radiologis

Penatalaksanaan
l  Pendidikan terhadap pasien mengenai penyakit dan penatalaksanaannya agar pasien tetap berobat dalam jangka waktu yang lama.
l  OAINS diberikan sejak awal untuk mengatasi nyeri sendi akibat inflamasi, antara lain aspirin, ibuprofen, naproksen, piroksikam, diklofenak dan sebagainya.
l  DMARD digunakan untuk melindungi rawan sendi dan tulang dari proses destruksi akibat artritis reumatoid, diberikan bila respon OAINS tidak baik. Jenisnya antara lain klorokuin, sulfasalazin, D-penisilin, Goldn standart bagi DMARD, obat imunosupresif/imunoregulator, dan kortikosteroid. Perlu di tekankan bahwa penggunaan kortikosteroid digunakan bila dengan komplikasi berat dan mengancam jiwa.
l  Rehabilitasi untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.
l  Pembedahan dilakukan jika inilah jalan terakhir dalam proses pengobatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar