12 November, 2010

DEMAM BERDARAH DENGUE


            Penyakit infeksi yang dsebabkan oleh virus dengue dengan manifestasi klinis demam, nyeri otot dan sendi, lekopenia, ruam, limfadenopati, trombositopenia, dan diatesis hemoragik.

ETIOLOGI
            DBD disebabkan oleh virus yang termasuk ke dalam genus Flavivirus keluarga Flaviviridae. Terdapat 4 serotipe virus yaitu DEN-1, DEN-2, Den-3, dan DEN-4.

PATOGENESIS
            Sampai saat ini masih diperdebatkan. DHF terjadi apabila seseorang terinfeksi ulang virus dengue dengan tipe yang berbeda. Re-infeksi menyebabkan reaksi anamnestik antibodi sehingga mengakibatkan konsentrasi kompleks imun yang tinggi. Trombositopenia pada infeksi dengue dapat terjadi melalui mekanisme supresi sumsum tulang dan destruksi dan pemendekan masa hidup trombosit.

MANIFESTASI KLINIK
            Dapat bersifat asimtomatik atau dapat berupa demam yang tidak khas, demam dengue, demam berdarah dengue atau sindrom syok dengue. Pada uumnya pasien mengalami fase demam selama 2-3 hari. Pada waktu fase ini pasien sudah tidak demam akan tetapi renjatan jika tidak mendapat pengobatan tidak adekuat.

PEMERIKSAAN PENUNJANG
            Pemeriksaan darah rutin yang dilakukan adalah pemeriksaan kadar Hb, Ht, jumlah trombosis dan pausan darah tepi. Tes serologi yang mendeteksi IgM dan IgG.

DIAGNOSIS
DD       : demam disertai 2 atau lebih tanda sakit kepala, mialgia, atralgia, nyeri retro-orbtal.
DBD I  : gejala diatas ditambah uji bendung positif.
DBD II : gejala diatas ditambah perdarahan spontan.
DBD III: gejala diatas ditambah kegagalan sirkulasi (kulit dingin dan lembab serta gelisah)
DBD IV: syok berat disertai dengan tekanan darah dan nadi tidak terukur.

PENATALAKSANAAN
            Prinsip utama adalah terapi suportif yang adekuat sehingga dapat menurunkan angka kematian ingá kurang dari 1%.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar